Info Beasiswa D3, S1, S2 dan SMU
info lowongan kerja Info Beasiswa D3, S1, S2 dan SMU

Seminar dan Workshop Pembelajaran Digital oleh Sampoerna Foundation

SampoernaFoundation Teacher Institute
CenterOf Excellence In
Teacher Development
SEMINAR & WORKSHOP
PEMBELAJARAN DIGITAL:

Sebuah Perspektif Baru dalam Penggunaan Teknologi Situs Interaktif (Web 2.0) untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran



SEMINAR (19 Pebruari 2009)
"Perbedaan Antara Digital Natives dan Digital Immigrants

09.00 - 12.00


Dunia moderen atau digital dihuni dan diwarnai oleh digital immigrants dan digital
natives. Digital immigrants adalah orang-orang dewasa yang baru berinteraksi dengan berbagai istilah dan
perangkat digital serta perkembangan komunikasi. Digital natives (anak didik kita) adalah mereka yang lahir di
dunia ini yang dengan instingnya memahami fungsi dari perangkat digital
tersebut. Untuk yang pertama kalinya dalam sejarah manusia bahwa generasi muda
- the digital natives � memiliki
keterampilan yang melampaui kita � the
digital immigrants - yang seharusnya memberi petunjuk kepada anak didik
kita. Berbagai situs interaktif seperti blog, wiki, multiply (merupakan bagian
dari teknologi web 2.0) telah mengubah perspektif kita untuk mengantisipasi
kegagalan dan keterbelakangan ini.

Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, guru harus memahami karakter
dan gaya belajar anak didik kita. Maka kita semakin sadar bahwa penggunaan
teknologi web 2.0 sangat penting dalam proses belajar mengajar. Melalui seminar
ini, peserta akan diajak untuk memahami komponen-komponen dunia digital untuk
memperluas wawasan dalam pembelajaran.


TUJUAN SEMINAR
* Mengenal gaya belajar, berfikir, bermain dan bekerja
anak didik kit
* Mengidentifikasi
komponen-komponen warga digital sebagai bekal untuk guru (digital immigrants) dalam memfasilitasi anak didik kita (digital natives).
* Mengenal macam-macam
teknologi web2.0 (blog, wiki, dll) yang berhubungan dengan proses pembelajaran
di kelas.
* Mengidentifikasi
tantangan-tantangan yang dihadapi oleh digital
immigrants.




MANFAAT YANG DIPEROLEH PESERTA DALAM SEMINAR

* Pengetahuan tentang berbagai komponen
bagi warga digital dalam menghadapi dunia digital.
* Wawasan mengenai perbedaan antara
generasi digital di dunia digital saat ini dan generasi para tenaga ahli
(seperti guru, psikolog dan lain-lain).

KERANGKA SEMINAR
* Perbedaan
gaya belajar belajar, berfikir, dan bekerja antara digital natives dan digital
immigrants
* Identifikasi nilai-nilai warga digital
* Pembekalan guru dalam memfasilitasi
anak didik sebagai warga digital
* Analisa
proses perubahan teknologi untuk kegiatan di kelas
* Identifikasi
potensi bahaya dan resiko yang dihadapi digital
immigrants
* Prediksi
gambaran kelas dan lingkungan kerja di masa yang akan datang.



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

WORKSHOP (20 -21 Pebruari 2009)

"Bagaimana Mengembangkan Warga Digital & Bagaimana Menggunakan Situs Interaktif (Web 2..0) dalam Pembelajaran"

09.00 - 16.00




Teknologi hanyalah sebuah alat. Dalam proses pembelajaran, alat-alat yang canggih
tidak sepenuhnya mengubahnya menjadi efektif, kecuali guru dapat menggunakan
teknologi tersebut dengan efektif. Penggunaan teknologi yang efektif tidak
hanya perlu kemampuan operasional tapi cara pandang yang inovatif dan kreatif.
Meskipun
teknologi telah diperkenalkan ke berbagai aspek, namun penggunaannya dalam
proses pembelajaran belum umum di sekolah, khususnya di Indonesia. Melalui
pelatihan ini, peserta dapat mengaplikasikan pembelajaran digital dan menjadi
warga digital yang baik.

TUJUAN WORKSHOP
* Mengembangkan nilai-nilai kehidupan sebagai warga
digital.

* Mengembangkan kemampuan
guru dalam penggunaan barbagai macam teknologi web 2.0 dalam pembelajaran
seperti blog, wiki, dan sebagainya.

MANFAAT YANG DIPEROLEH PESERTA WORKSHOP

* Mendapat pengetahuan
dalam pengembangan karakteristik warga digital.

* Memperoleh berbagai contoh
sehari-hari dari penggunaan teknologi web 2.0 yang relevan dalam pembelajaran
di kelas.
* Mengaplikasikan online
wiki yang disediakan untuk peserta yang akan menjadi akumulasi dari gagasan
dalam diskusi pelatihan.

KERANGKA WORKSHOP
WORKSHOP Hari 1 (20 Pebruari 2009)
* Curah ide dari persprektif tentang dunia digital (digital natives and digital immigrants)
* Komponen-kompenen dari warga
digital
* Pengembangan nilai-nilai warga
digital
* Eksplorasi kebijakan sekolah
tentang akses interne

WORKSHOP Hari 2 (21 Pebruari 2009)
* Analisa pentingnya teknologi web 2.0 dalam kelas dan
perubahan cara kita belajar
* Identifkasi macam-macam web 2.0 seperti Wikis, Blogs,
Brainpop, Mathletics dan masih banyak lagi
* Explorasi strategi integrasi
teknologi ke dalam pembelajaran kelas
* Analisa dampak permainan atau
�games� bagi anak didik kita baik yang offline maupun online
* Pengembangan warga digital yang
baik: kebijakan penggunaan teknologi yang dapat diyakini dan diterima oleh anak
didik kita.

PROFIL FASILITATOR

Gerald Donovan, MBA (Assistant Director, Sekolah Bogor Raya)
Mr. Donovan memperoleh gelar akademik di National Extension College, Birmingham, UK pada bidang "Teaching English as a Second Language", University of Cambridge, UK pada bidang "Teaching English as a Foreign Language", dan Master Degree di University of Western Australia.
Mr. Donovan berperan dalam mengembangkan kurikulum berbasis ICT serta pengembangan implementasi web 2.0. di dalam kelas dan implementasi Moodle (program manajemen kurikulum). Beliau juga memperkenalkan penggunaan kurikulum digital dengan "no paper-based learning"

Agus Sampurno (Guru Senior ICT, Sekolah Global Jaya)
Agus Sampurno adalah seorang senior pendidik dan konsultan pendidik yang banyak berperan dalam pengembangan ICT di sekolah-sekolah swasta dan nasional plus. Beliau telah membuat kurikulum mengenai integrasi ICT dalam pembelajaran dan banyak terlibat dalam pengembangan keahlian bagi tenaga pendidik khususnya pada implementasi ICT yang terintegrasi dengan pengajaran dan pembelajaran. Pemikiran dan ide-ide beliau mengenai integrasi teknologi dan pengembangannya dapat diakses langsung diwww.gurukreatif.wordpress.com

BAHASA PENGANTAR

Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (Bilingual)


TARGET PESERTA INVESTASI WORKSHOP
Guru tingkat SD, SMP dan SMA
Seminar (1 hari) Rp. 300,000/peserta
Workshop (2 hari) Rp. 1,200,000/peserta
Seminar & Workshop Rp. 1,200,000/peserta
**tempat terbatas**


TEMPAT PELAKSANAAN ACARA
INFORMASI & PENDAFTARAN

SAMPOERNA STRATEGIC SQUARE, NORTH TOWER, LT.25
JL. JEND.SUDIRMAN KAV.45, JAKARTA PUSAT
Sasti / Syeron / Ibnu
Phone: 021-577 2275 Ext.7537-38
Fax : 021-577 2276
HP : 0813 980 670 32

Email : sasti.purbasari@sampoernafoundation.org
website: www.sf-teacher.org
More Public Workshop on APRIL 2009
PENDEKATAN YANG EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN USIA DINI (6-8 April 2009)

Hari 1 (06 April 2009):

Workshop : Mengembangkan Aktivitas Kreatif untuk Anak Usia Dini
Hari 2 (07 April 2009)

Workshop : Pendekatan Pembelajaran INKUIRI pada Anak Usia Dini
Hari 3 (08 April 2009)
Workshop : Menggunakan Metode Mendongeng Sebagai Alat Pembelajaran

Target Participants : Guru TK

1 komentar:

Work Hard Play Hard mengatakan...

* Vacancy at Sharp Electronics 2009 as Regional Assistant
* Legal Staff at PT Elnusa Tbk Vagancies 2009
* Coca Cola Indonesia Vagancies MEI - 2009
* Lowongan kerja Fresh Graduate di Pertamina Juni 2009
* Vagancy at PT Komatsu Indonesia Mei 2009
* Lowongan kerja Fresh Graduate di Pertamina April - Juni 2009
* Lowongan kerja Terbaru IT, Teler, Officer di 10 Perbankan Nasional


http://agenjobs.blogspot.com/2009/05/coca-cola-indonesia-vagancies-mei-2009.html

Semoga Bermanfaat !!!